Welcome Myspace Comments
MyNiceSpace.com

Wednesday, November 4, 2009

Belajar Tahsin yuuuk!!

MUQADDIMAH


Bisilahirrahmaanirrahim.

“Dengan menyebut nama Alloh yang maha pengasih lagi maha penyayang.”

Bacalah dengan nama tuhan mu yang mengajarkan mu dengan pena dan membari tahu apa-apa yang tidak di ketahui oleh manusia.

Dengan rasa tulus, saya ingin menuliskan tentang sharing ilmu pengetahuan yang mungkin saat ini(zaman ini) sudah tidak di gubris lagi padahal manfaat dan kegunaannya sangat kita nantikan untuk menambah amal ibadah dan kebaikan serta pahala kita di depan rabb semesta alam ALLOH Azza Wazalla.

“Al-qur’an” yach kenapa al-qur’an???

Dapat di ketahui bahwa Alloh menurunkan alkitabnya yang asli, di turunkan langsung dari sang pencipta manusia dan sekalian alam dengan tidak ada campur tangan manusia. Yakni :

Pertama : kitab ZABUR di turunkan kepada nabi Daud AS.

Kedua : kitab TAURAT di turunkan kepada nabi Musa AS.

Ketiga : kitab INJIL yang di turunkan kepada nabi Isa AS.

Keempat : kitab Al-Qur’an, yang di turunkan langsung ke dalam hati nabi Muhammad SAW, sekaligus menjadi penyempurna kitab-kitab yang sudah ada.

Ya itulah sedikit sejarah kitab-kitab terdahulu dan sekarang kitab yang paling sering di temukan dan yang masih asli dan murni dari sang Kuasa adalah kitab suci Al-qur’an tidak ada seseorang pun yang bisa merubah dan megotak atik isi nya. Namun sekarang telah berbeda mengapa kita jarang sekali membaca dan menghayati makna yang terkandung di dalamnya. Mari kita mulai lagi untuk membaca dan terus menghayati makna-makna yang terdapat di dalamnya. Mudah2an kita menjadi amal harian kita dan menjadi paying penyelamat baik di dalam kehidupan dunia maupun akhirat kelak amiiiien…..

Nach sekarang kita mulai belajar tahsin dan tajwid dulu yuuk supaya bacaannya benar dan makrijul (huruf 2 alqur’an) okey


Didalam alqur’an di tuliskan pada surat al-qomar ayat 17


Artinya : “ Dan sungguh telah kami mudahkan alqur’an untuk di pelajari…”

Tuch kan sudah di katakana Di Mudahkan!!, so tentunya gak da yang susah jika u mau dan sungguh-sungguh ingin mempelajarinya. Yuk kita simak.

Tajwid Al-Qur’an

Arti Tajwid ini dapat didefinisikan menjadi 2 yakni :

Definisi Bahasa yaitu yang berarti Tahsin/ Memperbaiki, so kita membacanya tidak asal-asalan, tau dan bisa memprbaiki bacaan kita giittu dech kiranya.


Definisi istilah yakni membaca Al-Qur’an dengan benar sebagaimana bacaan Rasulullah SAW dan para sahabatnya RA dengan cara memperhatikan hukum-hukum bacaan, mengeluarkan huruf dari makhrajnya serta memperindah suara.(buka surat Al muzzammil ayat 4 .)


Adapun Hukum membaca Al-Qur’an yakni

Menurut prakteknya adalah Fardlu ‘Ain, tuch kan fardlu ‘ain itu artinya teman-teman di wajibkan bisa khusus diri sendiri nafsi nafsi. So ayo pelajarin terus tajwid ini.


Menurut teori adalah Fardlu kifayah, artinya jika di suatu golongan cumin ada satu yang bisa tajwid itu sudah tidak berdosa lagi. Walaupun demikian kita gak harus mematoki biar saja orang satu yang bisa kita kan dah gak dosa. Ingat!! Jangan ngandalin orang lain saja lihat diri sob sendiri dan u mau gak mau harus bisa looch.

Fadhilah/Keutamaan.

Banyak loch keutamaan lain dari Al-Qur’an seperti

--Memberi syafaat pada hari kiamat, bahkan di katakan “orang yang suka dan terus mengamalkan al-qur’an di dunia maka nanti di akhirat surat Al-Baqoroh dan surat Ali-Imron berebut ingin memberi syafaat kepada kita” tuch sob sekali lagi yuuk belajar terus supaya surat-surat itu nanti membari syafaat kita okeyy.

--Merupakan amal terbaik.

--Mendapatkan derajat yang tinggi bahkan berkumpul bersama malaikat.

--Mendapatkan sakinah dan rahmat.

--Mendapat sebaik-baik anugerah Alloh.

Adapun tujuannya yakni Menjaga lidah agar tidak salah ketika membaca Al-Qur’an.

Nach sekian dulu supaya teman-teman mau dan belajar tajwid lebih dalam lagi, dan besok jangan lupa kunjungi lagi yaach besok kita akan belajar cara membaca al-qur’an dari segi cepat dan lambatnya okey. Nice to see you…

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home